Home

Tadabbur Qurban

Admin  27 Jul 2018 11:24
dilihat 335 kali


Barangkali kita terlalu jauh, hingga melewati batas. Barangkali kita sering lalai dalam bingkai dosa yang membuai.

Sesungguhnya manusia dan jin diciptakan untuk beribadah pada Allah SWT. Tapi sering kali diri ini luput dari tugas penghambaan pada sang pencipta. Sehingga terkadang manusia melanggar apa yang dilarang dan lalai terhadap yang diperintahkan. Dan Maha baik Tuhan, yang selalu mengingatkan makhluknya untuk terus mendekat kepada-Nya. Sebagai salah satu bentuk pendekatan manusia pada Tuhannya yakni dengan berqurban.

Berqurban adalah salah satu ibadah sunnah yang mulia disisi Islam. Sebagaimana disebutkan dalam salah satu hadist "Tidaklah seorang manusia melakukan suatu amal pada hari Nahar (10 Dzulhijjah) yang lebih dicintai Allah SWT daripada menumpahkan darah (menyembelih Qurban). Sesungguhnya hewan Qurban itu akan datang pada hari kiamat dengan tanduk, bulu dan kukunya. Sesungguhnya Allah SWT telah menerima niat berkurban itu sebelum darahnya jatuh ke tanah. Maka bersihkanlah jiwamu dengan beribadah Qurban”. (HR.Al-Hâkim, Ibnu Mâjah dan at-Tirmidzi).

Sebagai sebuah upaya kita untuk mendekatkan diri pada Allah SWT, ibadah Qurban memberikan beberapa hikmah bagi kita. Seperti yang disampaikan Ustadz Abdul Somad dalam bukunya 33 tanya jawab seputar qurban bahwa diantara beberapa hikmah yang dapat dipetik dari pelaksanaan ibadah Qurban:
- Melaksanakan perintah Allah SWT dan menegakkan salah satu dari syi’ar -Nya.
- Mengikuti Sunnah Rasulullah SAW.
- Membangkitkan semangat kebersamaan dan kepedulian sosial.
- Mengikis sifat kikir.
- Dan yang paling penting adalah memupuk ketakwaan kepada Allah SWT.
Firman-Nya:
“Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya”. (Qs. al-Hajj [22]: 37).

Dan andai ini adalah qurban terakhirku. Maka apa persembahan terbaikku yang bisa kuberikan pada Tuhanku? Apakah masih ada masa bagiku untuk menyisihkan sedikit dari hartaku untuk menebar kebaikan di jalan-Mu? Semoga segala niat qurbanku tahun ini diterima Allah SWT.