Home

Mewujudkan Kedaulatan Pangan Indonesia

Admin  16 Oct 2018 17:30
dilihat 65 kali


Mewujudkan Kedaulatan Pangan Indonesia

 

Berdasarkan data Global Hunger Index 2017, sebanyak 19 juta penduduk Indonesia mengalami kelaparan. Angka ini menunjukkan bahwa Indonesia masuk dalam status serius. Permasalahan mengenai pangan ini juga menjadi perhatian dunia, baik dalam tataran regional, nasional maupun secara global. Karena pentingnya permasalahan pakan ini maka didirikanlah Organisasi Pangan dan Pertanian / FAO / Food and Agriculture Organization (FAO didirikan tgl 16 Oktober 1945).

Berawal dari konferensi FAO ke-20, pada bulan Nopember 1976 di Roma yang menghasilkan dicetuskannya resolusi No. 179 mengenai World Food Day (Hari Pangan Sedunia). Pada konferesi FAO tersebut (konferensi FAO ke-20), Dr. Pal Romany (Menteri Pertanian dan Pangan Hongaria) memiliki peran penting dalam usulan ide perayaan Hari Pangan Sedunia, karena ialah yang mengusulkan ide serta gagasan perayaan Hari Pangan Sedunia. Resolusi ini kemudian disetujui oleh 147 negara anggota FAO (Food and Agriculture Organization) termasuk Indonesia, yang memutuskan bahwa mulai tahun 1981 semua negara anggota FAO akan memperingati Hari Pangan Sedunia (HPS) setiap tanggal 16 Oktober yang diambil dari tanggal berdirinya FAO.

Setiap tahunnya, peringatan hari pangan dunia selalu meiliki tema yang berbeda. Dan pada tahun 2018 ini temanya adalah “Our action are our future”  dimana setiap aksi yang kita lakukan saat ini akan menjadi masa depan kita untuk ketahanan pangan dunia, Salah satu aksi dalam mewujudkan ketahanan pangan Indonesia, yakni melalui Ternaknesia.

Mimpi besar Ternaknesia sebagaimana tertuang dalam visi misi ternaknesia yakni

Visi

Mewujudkan Kedaulatan Pangan Indonesia

(Tatkala Rakyat Indonesia bisa makan halal dan Thayib serta berasal dari keringat petani-peternak Indonesia)

Misi

  1. Memajukan peternakan Indonesia melalui teknologi
  2. Mengkampanyekan Bela dan Beli Produk Peternakan Indonesia
  3. Melibatkan generasi muda dalam proses usaha peternakan

Visi ini tidak hanya menjadi milik Ternaknesia, tapi juga semua warga Indonesia. Mari bebaskan Indonesia dari krisis pangan. Mari wujudkan kedaulatan pangan Indonesia. Maju bersama peternak Indonesia.

Ternaknesia!!!

Bangga Menjadi Peternak Millenial Indonesia.