Home

Keseruan SILATNAS Ke-6 & Piala Presiden PDKI 2018

Ternaknesia  14 Dec 2018 17:05
dilihat 42 kali


Silaturahmi Nasional (SILATNAS) ke 6 yang digelar Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI) di Eco Green Park Kota Batu minggu lalu 7-9 Desember 2018 memecahkan rekor jumlah peserta di banding tahun-tahun sebelumnya.

Tercatat ribuan peternak dari berbagai daerah, diantaranya 700 peternak mengikuti kontes piala presiden 2018 dan 600 lebih peserta seminar-workshop bersilaturahmi dalam silatnas ke 6 yang bertema “Peternak Muda Membangun Bangsa, Bangga jadi Peternak Indonesia”.

Yudi Guntara Ketua HPDKI, menyatakan telah menyusun roadmap 2019, diantaranya membuka askes pasar, budidaya penggemukan dan pembiakan (klaster) serta penyediaaan bibit. Yudi menjelaskan, usaha domba dan kambing harus terintegrasi hulu dan hilir supaya kokoh struktur industrinya. Sebelum mengarah kesitu, perlu dibenahi panjangnya tata niaga komoditas domba dan kambing.

“Saya bangga makin banyak peternak berasal dari generasi milenial,” kata Dr Moeldoko, Kepala Staf Kepresidenan dalam sambutannya pada acara Silatnas Ke-6 ini.

Moeldoko yang juga Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) mengingatkan bahwa pasokan protein di Indonesia saat ini masih belum dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. “Jadi, marketnya besar sekali. Itu belum bicara ekspor lho,” katanya. Dia mengingatkan pentingnya peternak untuk selalu mengikuti perkembangan teknologi ternak. “Di sinilah kia harus terus berkembang dan meng-update diri,” tambah Moeldoko.

Silaturahmi tahunan ini menjadi tempat belajar terbaik. Ribuan peternak dari berbagai daerah tidur bersama di tenda. Mereka berdiskusi banyak hal dari hulu ke hilir dan berbagai persoalan di dunia peternakan.