Home

Kemudahan Qurban dalam Genggaman

Admin  11 Jul 2018 16:45
dilihat 456 kali


JOSSTODAY.COM - Membeli hewan kurban kini semakin mudah. Cukup lewat smartphone, hewan kurban berkualitas unggul sudah bisa dibeli dan diantarkan ke lokasi pembeli.

PT Ternaknesia Farm Innovation meluncurkan fitur SmartQurban untuk memfasilitasi pembelian hewan kurban secara praktis tersebut.

”SmartQurban adalah fitur baru di aplikasi Ternaknesia. Ini adalah ikhtiar kami untuk membuat pelaksanaan ibadah kurban menjadi lebih mudah, aman, dan Insya Allah berkah karena skema ini juga memberdayakan para peternak di desa-desa,” ujar CEO PT Ternaknesia Farm Innovation, Dalu N. Kirom, dalam peluncuran SmartQurban di Surabaya, Rabu (11/7/2018).

”SmartQurban adalah marketplace hewan kurban pertama dan terbesar di Indonesia,” imbuh Dalu.

Dia menambahkan, permintaan hewan kurban dari tahun ke tahun semakin meningkat. Pada 2017, misalnya, berdasarkan data Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, jumlah ternak yang siap untuk dijadikan ibadah kurban sebesar 1,43 juta ekor yang terdiri atas 440.323 ekor sapi, 9.851 ekor kerbau, 755.288 ekor kambing, dan 227.479 ekor domba.

Tingginya jumlah permintaan hewan kurban tersebut menyebabkan tingginya harga hewan saat menjelang hari raya Idul Adha. Sayangnya, mahalnya harga tersebut justru tidak bisa dinikmati secara langsung oleh peternak karena panjangnya rantai distribusi dan penjualan hewan kurban. Yang banyak menikmati keuntungan justru para pedagang dan tengkulak.

”Di satu sisi, ada segmen masyarakat yang mengalami kesulitan dalam menunaikan ibadah kurban karena tidak memiliki banyak waktu dan informasi harga yang benar mengenai hewan kurban. Para pekerja kantoran, misalnya, kesulitan waktu untuk melihat langsung ke kandang penjual hewan kurban,” ujarnya.

Dengan berbagai permasalahan tersebut, Ternaknesia meluncurkan fitur baru SmartQurban di aplikasi Ternaknesia yang sudah bisa diunduh di Google Play Store. ”SmartQurban menghubungkan orang yang ingin berkurban dengan peternak terdekat. Peternak yang tergabung diaplikasi ini adalah peternak riil yang memiliki kandang dari beberapa wilayah di Indonesia,” jelas Dalu.

”Orang yang ingin berkurban juga bisa memesan hewan kurban kapan pun dan dari mana pun, untuk disalurkan ke wilayah terpencil ataupun dikirim ke alamat yang diinginkan. Transaksi yang dilakukan melalui SmartQurban bisa mensejahterakan peternak lokal karena bisa mendapat harga bagus langsung dari costumer,” papar Dalu.

Wilayah yang dilayani oleh SmartQurban terbentang di berbagai wilayah. Di Jatim, yang bisa dilayani adalah Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Bangkalan, Sumenep, Lamongan, Bojonegoro, Kediri, Blitar, Madiun, Magetan, Ngawi, dan Ponorogo. Di Jateng dan DI Yogyakarta, bisa melayani wilayah Wonogiri, Sragen, Boyolali, Sleman, Gunung Kidul, Magelang, Pati, Salatiga, Kendal, dan Brebes

Di Jabar, SmartQurban menjangkau wilayah Kuningan, Majalengka, Subang, Cirebon, Cimahi, Bandung Barat, Bogor, dan Bekasi. Di DKI Jakarta, layanan ini mengkau wilayah Cakung. Adapun di Banten, kota-kota yang terlayani adalah Tangerang, Cilegon, dan Serang.

Sementara di Sumatera, yang dilayani adalah Kota Lampung, Bukit Tinggi, Palembang, Medan, Riau. Wilayah lain yang dilayani adalah Samarinda, Luwuk Utara, Sorong, Merauke, Santani, Kupang, Lombok Barat, dan Besakih.

"Untuk di luar daerah-daerah itu, tetap kami layani dengan mengisi formulir di aplikasi," kata Dalu.

Ternaknesia sendiri adalah platform digital sebagai solusi permasalahan peternakan Indonesia. Selain menggarap penjualan hewan kurban berbasis digital, Ternaknesia juga mengembangkan komoditas udang windu dan beragam produk olahan ternak yang menggandeng para peternak/pembudidaya ikan di berbagai daerah di Indonesia. (ba/pr)