Home

Investasi atau Menabung ?

Admin  14 Mar 2018 10:46
dilihat 900 kali


Sobat pasti pernah berpikir untuk membeli barang atau sesuatu yang sobat inginkan di masa depan dengan menyisihkan sejumlah uang sejak sekarang. Konsep menyisihkan sejumlah uang ini sudah tidak asing lagi bagi kita.

Jujur, Kita pasti suka menyisihkan sebagian uang dari penghasilan untuk ditabung di bank. Itu benar, terlebih lagi bank juga memberikan bunga beberapa persen yang dapat menambah jumlah uang kita dalam tabungan.

Namun, tahukah kamu, bahwa nilai uang saat ini akan berbeda dengan nilai uang di masa yang akan datang, malah cenderung berkurang. Hal ini merupakan teori dari time value of money¬, dimana nilai uang (rupiah) pada saat ini akan lebih berharga dari pada nilai uang di masa yang akan datang. Contohnya, saat kecil kita dapat membeli semangkuk bakso dengan harga Rp.2000, Tetapi sekarang nilai uang tersebut hanya dapat digunakan untuk membeli sebuah bakso, dan kita harus merogoh kocek lebih banyak untuk membeli semangkuk bakso saat ini.

Sadarkah Sobat dengan adanya perubahan nilai uang tersebut? Pernahkah sobat mendengar tentang inflasi? Apa sih inflasi itu? Menurut KBBI, inflasi adalah “kemorosotan nilai uang karena banyaknya atau cepatnya uang beredar, sehingga menyebabkan naiknya harga barang-barang”. Sederhananya, inflasi menyebabkan harga barang dari tahun ke tahun terus meningkat.

Dengan adanya peningkatan ini kita harus cerdas dalam mengelola uang yang kita miliki saat ini untuk kebutuhan di masa yang akan datang.

Menabung vs Investasi

Apakah perbedaan antara menabung dan berinvestasi? Apabila dilihat sepintas, kegiatan menabung dan berinvestasi ini sama, menyimpan uang pada suatu tempat yang dirasa aman. Namun ternyata masih banyak orang yang belum mengerti dengan jelas bahwa menabung dan investasi adalah kegiatan yang berbeda

Menabung, kegiatan menyisihkan uang untuk disimpan dan uang tersebut dapat digunakan sewaktu-waktu saat diperlukan. Uang ini dapat kita Tarik kembali kapanpun saat kita membutuhkannya. Tapi, sadarkah kamu, kegiatan menabung tidak dapat mengatasi inflasi yang ada saat ini, karena nilai uang yang ditabung sesungguhnya tidak bertambah dan bahkan mengalami penurunan nilai. Menabung biasanya dilakukan untuk tujuan jangka pendek.

Sedangkan, Investasi dapat diartikan sebagai sebuah upaya, baik dalam bentuk materi, tenaga, atau waktu, yang dilakukan pada saat ini, untuk mendapatkan keuntungan di masa yang akan datang. Menurut KBBI: Investasi merupakan penanaman uang pada suatu perusahaan atau proyek dengan tujuan memperoleh keuntungan. Berbicara mengenai investasi dalam bentuk materi, nilai yang kita investasikan seiring dengan berjalannya waktu akan bertumbuh melebihi modal awalnya jika dilakukan secara bijak. Sehingga, investasi berpotensi memberikan keuntungan yang lebih besar jika dibandingkan dengan tabungan konvensional.

Menabung dan investasi bagus mana itu tergantung tujuan keuangan Sobat. Menabung dilakukan untuk berjaga-jaga dari masalah keuangan yang akan menimpa suatu saat, dan hampir tidak ada risiko kehilangan dana dari menabung. Namun apabila Sobat ingin mengembangkan aset guna memenuhi tujuan jangka panjang, Investasi cocok untuk Sobat pilih dan kelolalah dana yang Sobat miliki dengan bijak.