Blog Ternaknesia

Gambar Kualitas Daging Sapi ini, Terbaik!!
Artikel Editor Ternaknesia
Kualitas Daging Sapi ini, Terbaik!!

Daging sapi adalah salah satu jenis daging yang memiliki harga jual tinggi, selain enak daging sapi juga penuh dengan gizi. Daging sapi yang diolah menjadi makanan biasanya didapatkan dari jenis sapi potong. Sapi potong ini lebih banyak dikonsumsi oleh masyarakat dibandingkan dengan sapi perah yang khusus menghasilkan susu. Berikut beberapa jenis sapi potong dengan kualitas unggulan yang umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia :

  1. Sapi Brahma

Sapi Brahma dengan ciri khas gelambir di bagian dadanya ini berasal dari India. Sapi Brahma memiliki ketahanan tubuh yang kuat terhadap endoparasit dan ektoparasit karena tumbuh di negara beriklim tropis. Kemudian sapi jenis ini mulai dikembangbiakkan oleh peternak asal Amerika dan menjadi sapi dengan daging berkualitas dengan bobot bisa mencapai 900 kg. 

  1. Sapi Beefalo

Jenis sapi ini merupakan hasil persilangan antara sapi lokal Amerika yaitu Catallo dengan byson. Sapi Beefalo memiliki kandungan yang rendah lemak, rendah kolesterol jahat, dan tinggi protein ketimbang sapi-sapi pada umumnya. Sapi Beefalo juga memiliki kulit yang sangat tebal menuruni kulit bison sehingga bisa beradaptasi dengan cuaca dingin yang ekstrim.

  1. Sapi Limousin

Sapi Limousin adalah sapi potong impor yang diperkirakan sebagai salah satu jenis sapi tertua. Berasal dari negeri Perancis, hewan ini dapat tumbuh di tengah rumput yang kering serta udara yang dingin. Meski habitat sedemikian rupa, sapi limousin ini lolos dari seleksi alam yang membuat sapi berkembang menjadi sapi potong dengan daging berkualitas, dan peternak di Perancis yang menjaga kualitas sapi tersebut.

Seperti mobil limousin, sapi jenis ini memiliki ukuran bodi yang besar memanjang dengan tubuh yang padat. Berat rata-rata limousin betina mencapai hingga 650 kg dan limousin jantan mencapai bobot hingga 1000 kg.

  1. Sapi Angus

Sapi Angus asal Skotlandia ini memiliki ciri khas kulit yang berwarna hitam dengan bobot yang besar. Sapi Angus memiliki kualitas daging yang baik dan juga daya tahan tubuh yang tidak jauh berbeda dengan sapi Brahma. Kualitas daging sapi Angus berdasar pada kandungan lemaknya yang sangat rendah sekaligus serat yang padat. Seperti sapi Beefalo, sapi Angus dapat beradaptasi dengan baik di segala cuaca.