Blog Ternaknesia

Gambar Tips Tetap Sehat Konsumsi Daging, Perhatikan Porsi dan Cara Memasaknya
Artikel Editor Ternaknesia
Tips Tetap Sehat Konsumsi Daging, Perhatikan Porsi dan Cara Memasaknya

Daging salah satu makanan yang digemari masyarakat. Daging dapat diolah menjadi makanan seperti rendang, sate atau gulai. Daging sebagai sumber protein, zat besi dan mineral penting lainnya, juga mengandung lemak jenuh yang bisa menimbulkan efek negatif bagi kesehatan. Hal ini membuat konsumsi daging tidak boleh sembarangan. Berikut beberapa tips agar daging bisa sehat untuk dikonsumsi yakni meliputi mengkonsumsi, cara memasak dan mengimbanginya dengan pola hidup sehat. 

1. Memperhatikan Porsi

Konsumsi daging dianggap aman asal tidak melebihi 100 gam per hari. Konsumsi daging ini juga disarankan tidak lebih dari 3 kali seminggu. Kamu perlu menghindari mengkonsumsi daging setengah matang karena berpotensi masih mengandung bakteri berbahaya seperti E.coli, Salmonella dan Listeria, bakteri tersebut bisa mati jika daging dimasak hingga matang. 

Hindari juga mengkonsumsi daging yang terlalu matang karena daging yang terlalu matang bisa menghilangkan protein yang ada pada daging tersebut. 

2. Cara Memasak

Memasak daging perlu diperhatikan. Pilihlah metode memasak yang sehat dengan menghindari menggoreng daging karena dapat meningkatkan kandungan lemak jenuhnya. Proses memasak daging ini akan mencairkan banyak lemak dalam daging. Jadi saat memasak daging di panggangan atau oven pastikan untuk meletakkannya di rak di atas loyang sehingga lemak bisa menetas. 

Perlu juga menghindari atau mengurangi mengolah daging dengan santan karena bisa meningkatkan kandungan lemak jenuh. Terlebih lagi jika hidangan tersebut sering dipanaskan kembali. Untuk mengurangi lemak yang ada pada olahan daging bisa dengan memasak olahan daging yang di sup atau semur karena kalorinya dapat berkurang.

3. Pola Hidup Sehat

Ketika mengkonsumsi daging perlu menyeimbangkan dengan makanan sehat seperti buah dan sayur. Untuk memenuhi asupan serat yang dibutuhkan oleh tubuh dan mengimbangi jumlah kalori dalam tubuh. Saat mengkonsumsi daging bisa menyiapkan sayuran seperti kentang, buncis atau wortel untuk dimakan dengan masakan daging.

Selain itu, penting juga untuk mengimbanginya dengan olahraga, agar protein yang didapat dari daging bisa dengan mudah diubah menjadi otot dan kalori dapat dengan cepat terbakar. Olahraga juga penting untuk mendukung metabolisme yang cepat dan membakar lebih banyak kalori per hari.