Blog Ternaknesia

Gambar Wajib Tahu! 10 Manfaat Konsumsi Daging Ayam Bagi Kesehatan
Artikel Editor Ternaknesia
Wajib Tahu! 10 Manfaat Konsumsi Daging Ayam Bagi Kesehatan

Ayam menjadi makanan favorit bagi masyarakat Indonesia. Mengkonsumsi ayam dikenal sebagai pilihan protein yang sehat terutama bagian dada. Berbagai olahan makanan dengan bahan dasar daging ayam sangat banyak dijual dan dinikmati. Selain enak, harga daging ayam juga terjangkau. Nah, tahukah Sobat manfaat daging ayam untuk kesehatan. Berikut ini manfaat yang bisa didapat dari mengkonsumsi daging ayam :

1. Sumber Protein

Ayam merupakan salah satu sumber protein terbaik yang membantu membangun dan memelihara struktur dalam tubuh dan mencegah racun yang ada dalam tubuh. Bukan cuma itu, kekayaan protein dalam daging ayam juga membantu dalam pembentukan otot. Biasanya manfaat ini digunakan orang yang tengah melakukan pembentukan otot melalui gym.

2. Mengandung Vitamin dan Mineral

Daging ayam juga mengandung sumber vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Manfaat dari vitamin B berperan untuk membentuk sel darah merah. Vitamin D yang terkandung ayam dapat membantu penyerapan kalsium dan menguatkan tulang dan vitamin A yang ada di dalamnya dapat menyehatkan penglihatan dan berperan penting dalam sistem imun. Manfaat daging ayam dari kandungan mineral seperti zat besi bisa mencegah anemia. Selain itu, kalium dan natrium yang ada di dalamnya juga baik untuk kesehatan gigi dan otak.

3. Menurunkan Berat Badan

Daging ayam juga bisa digunakan sebagai makanan diet, terutama bagian dada dan tentunya mengolah dengan cara yang benar dan tepat. Contohnya dengan tidak menggunakan minyak goreng untuk menghindari kolesterol jahat dan biasa dilakukan dengan cara direbus atau digoreng dengan virgin oil. Daging ayam juga dapat memberikan efek kenyang. 

4. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Mengkonsumsi daging ayam dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh karena kandungan vitamin B6 dapat mendorong enzim dan proses metabolisme tubuh yang digunakan untuk menjaga kesehatan pembuluh darah, sumber energi dan pembakaran kalori.

5. Merawat Kesehatan Tulang 

Daging ayam yang mengandung kalsium dan protein yang dapat membantu tubuh dalam merawat kesehatan tulang agar lebih kuat. Jangan lupa juga untuk rutin berolahraga agar tulang, sendi dan otot tubuh tetap kuat.

6. Menghilangkan Stress

Daging ayam memiliki kandungan vitamin B5 dan asam amino atau tryptophan yang memungkinkan untuk menghilangkan rasa stress dan bisa merubah suasana hati menjadi lebih tenang dan rileks. Nah, cocok nih untuk kamu yang lagi banyak pikiran atau sedang galau boleh dicoba makan dengan menu ayam agar pikiran lebih tenang.

7. Menurunkan Kolesterol

Vitamin B3 yang ada dalam daging ayam dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Cara yang paling agar bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal adalah dengan merebus atau membuatnya sebagai sup. 

8. Mengurangi Resiko Terkena Kanker

Daging ayam juga mengandung sifat antioksidan yang disebut selenium, yang mampu membantu tubuh menghindari paparan radikal bebas. Radikal bebas ini dapat merusak sel dalam tubuh dan dapat menumbuhkan sel kanker. Selain selenium, vitamin B dan niacin di dalam ayam juga dapat menghalau serangan radikal bebas.

9. Baik untuk Pertumbuhan Anak

Kandungan fosfor dan kalsium pada daging ayam dapat memberikan manfaat yang baik bagi tubuh terutama untuk pertumbuhan anak. Fosfor dan kalsium ini membantu dalam pertumbuhan dan memperkuat tulang.

10. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Protein yang tinggi dalam daging ayam memiliki manfaat untuk mengurangi risiko gagal jantung. Namun tetap harus diperhatikan cara pengolahannya karena menggoreng dengan banyak minyak tentu akan meningkatkan kadar lemak jenuh pada daging ayam. Sebaiknya mengolah daging ayam dengan cara dikukus atau rebus agar manfaat dan khasiat tetap terjaga.