Blog Ternaknesia

Gambar 7 Tradisi Yang Dilakukan Saat Hari Raya Idul Fitri
Artikel Editor Ternaknesia
7 Tradisi Yang Dilakukan Saat Hari Raya Idul Fitri

Hari Raya Idul Fitri sebentar lagi, umat muslim sudah mulai menyiapkan segala keperluan menjelang hari raya Idul Fitri. Mulai dari mudik, menyiapkan baju lebaran, kue dan cemilan untuk menjamu tamu yang bersilaturahmi ke rumah. Momen hari raya Idul Fitri ini menjadi momen yang ditunggu tiap tahunnya untuk berkumpul dan bersukacita bersama keluarga. Nah berikut tradisi yang sering dilakukan ketika hari raya Idul Fitri :

1. Mudik

Tradisi mudik menjadi salah satu tradisi yang wajib dilakukan setelah sekian lama sibuk melakukan rutinitas bekerja dan tinggal di perantauan, mudik ke kampung halaman menjadi hal yang dirindukan. Namun mengingat pandemi covid yang belum usai pemerintah melanggar untuk melakukan perjalanan mudik.

2. Malam Takbiran

Malam sebelum hari raya Idul Fitri umat muslim mengumandangkan takbir untuk menyambut datangnya hari raya Idul Fitri. Takbiran biasa dilakukan keliling oleh masyarakat dengan diiringi oleh tabuhan bedug.

3. Shalat Ied

Shalat Ied merupakan shalat sunnah yang dianjurkan dalam menyambut hari raya Idul Fitri. Shalat Ied biasanya dilakukan berjamaah di masjid terdekat, namun di masa pandemi ini kita harus tetap patuhi protokol kesehatan ya.

4. Berziarah

Hal biasa yang dilakukan umat islam untuk keluarga yang telah meninggal adalah berziarah atau mengirimkan doa bertujuan agar orang yang telah meninggal bisa merasakan kebahagiaan yang tengah dirasakan oleh anggota keluarganya yang masih hidup. 

5. Bersilaturahmi

Idul Fitri merupakan momen silaturahmi dengan keluarga dan kerabat. Dimana pada tradisi bersilaturahmi ini setiap anggota keluarga akan saling memohon maaf pada anggota keluarga dan tetangga di sekitar rumah. 

6. THR

Tradisi bagi THR ini biasanya dilakukan para orang tua atau sanak saudara yang telah bekerja dengan membagikan amplop kecil berisi uang lembaran yang masih baru kepada anak-anak. 

7. Ketupat & Opor

Ketupat menjadi hidangan khas saat hari raya Idul Fitri. Ketupat terbuat dari beras yang dibungkus dengan anyaman daun kelapa yang biasanya selalu ditemani oleh opor ayam dan rendang sapi.