Blog Ternaknesia

Gambar Perlukah Mencuci Daging Sebelum Dimasak?
Artikel Editor Ternaknesia
Perlukah Mencuci Daging Sebelum Dimasak?

Banyak dari kita, sebelum memasak daging pasti akan mencucinya terlebih dahulu. Padahal hal itu tidak dianjurkan, karena bakteri dalam daging mentah dapat disebarkan ke makanan lain, baik itu peralatan dan permukaan dapur. Karena perpindahan bakteri dari daging ke makanan dapat meningkatkan risiko penyakit bawaan makanan (foodborne illness). 

Saat memasak daging disarankan pada suhu yang tepat karena akan membunuh bakteri sehingga mencucinya terlebih dahulu sebelum dimasak tidak perlu. Suhu yang direkomendasikan oleh Center for Disease Control di Amerika Serikat untuk memasak daging sapi yang sudah dipotong-potong adalah 63 derajat celcius.

Untuk keamanan dan kualitas, daging dapat didiamkan selama 3 menit sebelum dikonsumsi setelah dimasak. Tak hanya soal keamanan makanan, mencuci daging juga tidak disarankan karena akan membuat teksturnya lembab dan dapat menurunkan cita rasa ketika dimasak. Untuk mengurangi kelembaban dari permukaan daging bisa dengan menepuk-nepuknya menggunakan tisu penyerap air atau minyak. 

Selain memperhatikan suhu yang tepat, ingat untuk selalu mencuci tangan dengan sabun yang mengalir sebelum dan sesudah mempersiapkan makanan. tidak menggunakan alat dapur yang sama untuk makanan mentah dan makanan lain seperti buah dan sayur dan selalu mencuci talenan dengan air hangat setiap selesai digunakan, kemudian keringkan dengan tisu kertas pembersih