Blog Ternaknesia

Gambar Tambah Penghasilan atau Kurangi Pengeluaran?
Artikel Editor Ternaknesia
Tambah Penghasilan atau Kurangi Pengeluaran?

Sudah sering dengar tentang pernyataan diatas? Saat kita bicara tentang keuangan, dalam mengelola gaji bulanan atau perputaran uang bulanan, kita harus bijak dalam mengelolanya, supaya bisa selaras antara pemasukan dan pengeluaran dan jangan sampai belum waktu gajian, uang sudah habis. Belum lagi saat kita dihadapkan dengan kondisi kesehatan yang tiba-tiba drop. Nah ada dua cara nih yang bisa kita pilih untuk menyehatkan kembali keuangan kita:

1. Tambah penghasilan

Jika memilih cara ini, kita harus bisa melihat peluang untuk menambah penghasilan, yakni bisa dengan mencari pekerjaan sampingan seperti freelancer menulis, desain grafis, mengajar, fotografer dan sebagainya sesuai dengan keterampilan dan keahlian. 

2. Kurangi pengeluaran

Saat mengurangi pengeluaran anggaran keuangan, dapat dimulai dengan membuat anggaran, mencatat pengeluaran dan evaluasi anggaran. Dengan membuat catatan belanja, akan tahu kemana saja uang dipakai dan memangkas pengeluaran yang tidak penting atau bisa ditunda. 

Anda juga perlu membedakan pengeluaran menjadi tiga yakni pengeluaran sesuai dengan prioritas, pengeluaran untuk menunjang aktivitas sehari-hari dan pengeluaran yang tidak harus segera dipenuhi. 

Anda juga bisa belajar berinvestasi untuk tabungan di masa mendatang, supaya bebas finansial jadi tidak harus menambah penghasilan atau mengurangi pengeluaran yaa. Anda bisa cek investasi terbaru dari Ternakinvest klik bit.ly/investANB2