Blog Ternaknesia

Gambar Masih Pemula dalam Berinvestasi? Jangan Lakukan Kesalahan ini
Artikel Editor Ternaknesia
Masih Pemula dalam Berinvestasi? Jangan Lakukan Kesalahan ini

Berinvestasi sebetulnya merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk membantu mencapai tujuan keuangan Anda. Dengan catatan, dilakukan dengan cara yang tepat. 

Nah, kini investasi mulai diminati banyak orang, disadari atau tidak, investor kerap kali melakukan kesalahan umum yang cukup berbahaya dalam berinvestasi. Apalagi jika Anda tergolong pemula. Dilansir dari koinworks, inilah daftar kesalahan paling umum yang dilakukan investor pemula.

 

Menunda

Menunda untuk berinvestasi. Ya, semakin muda dalam memulai berinvestasi, semakin banyak manfaat yang bisa kamu raup dalam jangka panjang. Langkah awal yang bisa kamu lakukan untuk berinvestasi adalah mengatur budget dalam berinvestasi. 

 

Berharap Terlalu Tinggi untuk Pengembalian Modal

Sangat mustahil apabila mengharapkan tingkat pengembalian yang tinggi jika tidak berani berinvestasi pada instrumen yang berisiko tinggi. kenapa? Karena semakin tinggi risiko yang berani Anda tanggung, maka akan semakin tinggi pengembalian yang akan didapat.

 

Tidak Memiliki Tujuan Investasi yang Jelas

 Pada dasarnya tujuan investasi adalah menempatkan dana dalam jangka tertentu untuk memperoleh hasil pendapatan di masa depan. Tujuan investasi bukan sekadar mencari untung di masa depan. Namun juga untuk melindungi kekayaan, dan bisa meminimalkan risiko ketika terjadi penurunan kondisi keuangan.

 

Tidak melakukan Diversifikasi

Diversifikasi investasi merupakan salah satu strategi yang harus dilakukan untuk meminimalkan risiko kerugian yang akan Anda hadapi. Melakukan diversifikasi dimaksudkan untuk dapat memaksimalkan keuntungan yang diperoleh. 

 

Kesalahan yang dilakukan oleh investor pemula merupakan hal yang wajar, karena dari kesalahan tersebut investor pemula dapat belajar dan memperbaiki kesalahannya. Selain itu, juga mampu mengambil keputusan investasi yang lebih baik lagi. Nah, kira-kira kesalahan apa lagi yang biasanya dilakukan investor pemula menurut kamu Sob?