Blog Ternaknesia

Gambar Bikin Ngeri, Perut Sapi Dilubangi!
Artikel Editor Ternaknesia
Bikin Ngeri, Perut Sapi Dilubangi!

Namanya fistula. Sebuah teknik pelubangan perut sapi yang banyak diterapkan oleh peternak di Swiss. Teknik fistula sendiri dilakukan dengan cara melubangi perut sapi yang kemudian diberi selang untuk dihubungkan ke dalam saluran pencernaan sapi. Proses pelubangan dinding sapi pada teknik ini melalui operasi, dengan luka yang sudah sembuh dan tidak akan menyakiti ternak. Tenang, aman kok Sob!

 

Pelubangan di perut sapi ini dipasang saat sapi dalam keadaan terbius. Setelah dipasangkan pada tubuh, sapi tadi akan diberikan waktu istirahat khusus. Bahkan, si sapi juga akan mendapatkan perawatan ekstra seperti diberikan makanan khusus berupa gandum dan rumput. 

 

Fistula ini bertujuan untuk menjaga kesehatan sapi dan meningkatkan produksi susunya. Selain itu juga untuk menilai seberapa banyak nutrisi yang dikonsumsi dan guna mengetahui kelancaran proses pencernaan sapi. Sapi fistulasi yang menjadi contoh saat ini adalah Brooke, sapi yang dirawat di University of Illinois.  

 

Saat ini, teknik fistula dapat ditutup dan dibuka sehingga akan mengurangi risiko infeksi pada tubuh sapi. Kelebihan teknik ini adalah untuk meningkatkan usia harapan hidup sapi karena gizi dan nutrisi yang diberikan lebih seimbang setelah melalui pemeriksaan rutin. Dan kini banyak negara yang mengadopsi teknik ini. 

 

Jadi gitu Sob, Si Sapi baik-baik aja kok. Dia tidak tersakiti dan teknik ini untuk tujuan peningkatan ilmu pengetahuan. Juga untuk perawatan dalam proses penceranaan sapi.



Source : liputan6.com