Blog Ternaknesia

Gambar Bukan Hanya Sapi, 6 Hewan ini Juga Hasilkan Susu Bergizi
Artikel Editor Ternaknesia
Bukan Hanya Sapi, 6 Hewan ini Juga Hasilkan Susu Bergizi

Siapa nih yang suka minum susu? Biasanya susu apa yang sobat konsumsi?

Umumnya orang terbiasa dengan meminum susu sapi. Namun, tahukah sobat kalau sapi bukan satu-satunya hewan penghasil susu? Di berbagai belahan negara lain, bukan hanya susu sapi yang kerap dimanfaatkan susunya untuk kebutuhan komoditi. Selain sapi ada 6 hewan yang juga menghasilkan susu, antara lain: 

1. Kambing

Susu kambing kaya akan protein dan kalsium serta rendah lemak. Kualitasnya setara dengan susu sapi. Susu Kambing mudah dicerna dan bisa mengurangi peradangan. Salah satu Kambing yang biasanya dimanfaatkan susunya adalah kambing etawa.

2. Unta

Hewan khas Timur tengah ini juga bisa memproduksi susu yang aman untuk dikonsumsi oleh manusia. Susu Unta kaya akan protein dan mengandung lebih banyak zat besi dibandingkan susu sapi. Kelebihan susu unta adalah bebas laktosa, sehingga orang yang alergi dengan laktosa bisa mengkonsumsinya. 

3. Kuda

Susu kuda memiliki kandungan gula yang cukup tinggi dibanding susu kambing dan susu sapi.  Meski masih asing bagi orang Indonesia, tapi susu kuda sangat familiar bagi penduduk Eropa dan Asia Tengah. Susu kuda mengandung tinggi laktosa, tapi rendah lemak. 

4. Kerbau

Kerbau selain membantu para petani untuk membajak sawah, kerbau juga memproduksi susu. Kandungan kalsium dalam Susu Kerbau lebih tinggi dari susu sapi. Sayangnya meskipun susu kerbau tinggi akan kalsium, susu kerbau juga kaya lemak yakni sebesar 7-10%.  Susu Kerbau juga kerap dimanfaatkan untuk pembuatan keju mozzarella.

5. Yak

Yak adalah sejenis hewan lembu dengan rambut atau bulu yang menjuntai panjang, biasanya berwarna coklat atau hitam, dan ditemukan di wilayah pegunungan Himalaya. Susu yak ini punya aroma yang ‘khas’. Ketika dinikmati, susunya akan terasa manis. Susu Yak kandungan lemak dan proteinnya sangat tinggi, sehingga kurang bagus jika dikonsumsi secara rutin. 

6. Domba

Susu domba memiliki kandungan protein, zat besi, kalsium serta vitamin D yang cukup tinggi. Akan tetapi susu domba mengandung tinggi laktosa, bahkan lebih tinggi dibandingkan susu sapi. 

Ada beberapa hewan penghasil susu selain sapi untuk dikonsumsi dan sebagai bahan baku untuk pembuatan produk komoditi. Apakah kamu pernah mencoba salah satunya? Atau kira-kira kamu tertarik untuk mencoba salah satu jenis susu selain susu sapi?