Blog Ternaknesia

Gambar 6 Cara Sederhana Mengatur Keuangan Pribadi
Artikel Editor Ternaknesia
6 Cara Sederhana Mengatur Keuangan Pribadi

Sudahkah kamu melakukan perencanaan keuangan pribadi? Kira-kira Sejauh manakah efektivitas dari perencanaan keuangan pribadi tersebut?

Perencanaan keuangan memberi dampak positif jika bisa melakukannya dengan baik. Namun dalam mengelolanya harus konsisten karena perencanaan keuangan bukanlah perkara yang mudah, terlebih bagi orang yang tak terbiasa melakukannya, Tanpa memiliki perencanaan keuangan yang baik, akan lebih kesulitan mengatur uang sehingga rentan mengancam keamanan finansial di masa mendatang. 

Agar kondisi keuangan menjadi lebih baik dan aman, yuk simak cara mengatur keuangan pribadi kamu:

1. Budget Plan

Menyusun perkiraan pengeluaran adalah sebagai evaluasi keuangan agar tidak boros dan tahu untuk apa saja uang yang telah digunakan. Budget plan ini untuk mencegah belanja berlebihan dan untuk menentukan tujuan keuangan dalam jangka pendek maupun jangka panjang. 

2. Menabung dan Investasi

Selain untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, uang gajian juga perlu untuk ditabung untuk investasi masa depan dan untuk keperluan yang mendadak. Sebab, kita tidak bisa memprediksi peristiwa di waktu yang akan datang. Dengan demikian, sebagai cara untuk berjaga-jaga agar nantinya tidak kebingungan mencari biaya untuk keperluan yang mendadak. 

3. Mencari Penghasilan Tambahan

Memanfaatkan waktu dengan mencari penghasilan tambahan seperti menjual pulsa, jualan online dan sebagainya yang terpenting tidak mengganggu pekerjaan utama. Bekerja freelance juga bisa jadi salah satu cara untuk meningkatkan pendapatan. 

4. Belajar Hidup Hemat

Kamu bisa hidup hemat dengan membiasakan diri untuk makan dirumah, bisa dengan memasak sendiri selain sehat juga lebih hemat kan. Harga makanan di restoran juga lebih mahal, namun sesekali makan di restoran untuk menyenangkan keluarga atau teman juga boleh. 

5. Gunakan Diskon atau Promo

Saat belanja bahan makanan atau barang kebutuhan lainnya kita bisa memanfaatkan kupon diskon atau promo yang ada. Saat ini, banyak supermarket yang menawarkan diskon untuk pembeli yang memiliki kartu pelanggan. Namun, tetap harus memperhatikan kebutuhan bukan keinginan yaa.

6. Tidak Berhutang

Pastikan tidak berhutang di bank kalau memang bukan untuk hal yang penting. Selain karena ada bunga juga yang harus dibayar, tiap bulannya juga kita harus membayar hutang, jadi ada uang gaji yang harus dipotong untuk membayar hutang. 

Mampu mengelola keuangan secara baik dan efektif akan membuat hidup lebih lancar dan terbebas dari stres. Segala sesuatunya jadi lebih terorganisir, sehingga Anda bisa menghemat waktu dan menjalani hari yang lebih menyenangkan kedepannya.