Blog Ternaknesia

Gambar 3 Jenis Pakan Ternak Ruminansia
Artikel Editor Ternaknesia
3 Jenis Pakan Ternak Ruminansia

Jenis pakan ternak merupakan salah satu hal yang penting dalam peternakan. Kualitas pakan yang diberikan ke hewan ternak harus diperhatikan karena akan menentukan pertumbuhan dan perkembangan serta kualitas hewan ternaknya. Pengetahuan tentang pakan yang tepat bagi peternak, akan membuat peternak lebih fokus dengan apa yang ingin ditingkatkan, contohnya untuk mempercepat pertumbuhan hewan ternak, penggemukan, memaksimalkan atau untuk menjaga kualitas dari hasil hewan ternak tersebut.

Banyak jenis bahan makanan yang dapat digunakan untuk pakan ternak. Untuk menjaga kualitas dari hasil ternak dibutuhkan berbagai jenis pakan ternak yang berkualitas, antara lain:

1. Hijauan (Sumber Serat) 

Makanan yang termasuk pakan kasar dapat berasal dari hijauan. Terdiri dari rumput dan daun-daunan. Hijauan bisa diberikan segar ataupun yang sudah diawetkan (Silase, Hay dll). Dimana jumlah porsinya adalah kurang lebih 10 % dari berat badan. 

Pakan ternak yang berasal dari hijauan memiliki kandungan serat kasar sekitar 18% tetapi memiliki kandungan energi yang rendah. Pakan kasar ini sangat diperlukan untuk hewan ternak ruminansia karena memiliki serat kasar tinggi yang dibutuhkan untuk merangsang rumen serta menentukan kadar lemak susu. 

2. Konsentrat (Sumber Energi dan Protein)

Konsentrat merupakan jenis pakan ternak yang memiliki kandungan serat kasar dibawah 18%. Nutrisi utamanya adalah dari pakan konsentrat berupa energi dan protein. Sumber Protein seperti bungkil kelapa, bungkil kedelai, bungkil kacang, ampas tahu, CGF, DDGS dll. Sumber Energi seperti Dedak, jagung, karak, gaplek dll Mineral dan Vitamin. Dimana jumlah porsinya adalah kurang lebih 2 % dari berat badan. 

Konsentrat ini merupakan bahan pakan ternak yang diberikan secara bersamaan dengan bahan pakan ternak lainnya untuk meningkatkan kandungan gizi dari pakan ternak yang dicampurkan sebagai pakan pelengkap. 

3. Complete Feed (Pakan Komplit)

Gabungan antara sumber serat dan konsentrat (Makanan siap saji bagi ternak). Jumlah porsinya adalah kurang lebih 4 % dari berat badan. Pakan lengkap ini merupakan alternatif cara pemberian pakan dalam rangka meningkatkan nilai nutrisi pakan itu sendiri. Pakan lengkap efektif diberikan baik pada domba maupun sapi. Namun perlu adaptasi tentunya untuk ternak agar dapat menerima pemberian pakan lengkap ini. 

Pemberian pakan ternak harus diperhatikan dalam kestabilan pakannya. Baik itu berupa bahan baku yang disukai oleh hewan ternak, bahan baku mudah diperoleh, harga pakan yang terjangkau dan bahan pakan yang bervariasi.