Blog Ternaknesia

Gambar Hikmah Aqiqah Anak dalam Islam
Artikel Editor Ternaknesia
Hikmah Aqiqah Anak dalam Islam

Aqiqah adalah menyembelih kambing untuk anak yang baru saja lahir sebagai bentuk rasa syukur manusia kepada Allah SWT atas nikmat anak yang telah diberikan-Nya. Hukum aqiqah adalah sunah muakkad artinya sunnah yang dianjurkan, yang mana jika melakukannya akan mendapatkan pahala.

Rasulullah SAW bersabda: “Setiap bayi tergadai dengan aqiqahnya, disembelihkan (kambing) untuknya pada hari ke tujuh, dicukur rambutnya dan diberi nama”. (H.R. Abu Dawud, At-Tirmidzi dan Ibnu Majah dari Samurah bin Jundub Radhiyallahu ‘Anhu. Hadits ini dishahihkan oleh al-Hakim dan disetujui oleh adz-Dzahabi).

Apabila aqiqah tidak dilakukan karena orang tuanya tidak mampu pada saat itu, maka gugurlah kewajiban aqiqah bagi orang tua. 

Hikmah melaksanakan aqiqah pada anak adalah sebagai bentuk pendekatan diri kepada Allah SWT dan sebagai sarana menampakkan rasa gembira dalam melaksanakan syari’at Islam dengan bertambahnya keturunan Muslim, sebagai bentuk perlindungan dari syaitan yang dapat mengganggu anak yang terlahir itu, sebagaimana yang dimaksudkan oleh Al Imam Ibnu Al Qayyim Al Jauziyah “bahwa lepasnya dia dari syaitan tergadai oleh aqiqahnya” juga untuk memperkuat persaudaraan di antara masyarakat. 

Laksanakan ibadah aqiqah bersama Smartqiqah “Aqiqah Cerdas Masa Kini”