Blog Ternaknesia

Gambar 5 Penyebab Ayam Bisa Stress
Info Editor Ternaknesia
5 Penyebab Ayam Bisa Stress

Tantangan terbesar bagi industri peternakan ayam modern sekarang ini adalah ancaman dan dampak stress dari hewan ternak, namun terkadang kita kurang menyadarinya. Sebagai peternak kita harus peduli dengan kenyamanan hewan ternak kita dari ancaman dan dampak stress yang sebenarnya bisa kita cegah dan kendalikan sehingga dampak buruknya tidak akan terjadi. 

Stress pada ayam dipengaruhi oleh berbagai faktor, dari tekanan eksternal dan tekanan internal. Tekanan eksternal seperti perubahan cuaca, proses transportasi, serta perubahan air minum dan jenis pakan. Sedangkan tekanan internal yang diakibatkan dari kondisi ayam itu sendiri, seperti sakit dan kelelahan. Apabila tidak dilakukan dengan cepat, stress pada ayam tersebut dapat merugikan usaha peternakan. Sebelum melakukan penanganan terhadap terjadinya stress, sebaiknya kita harus terlebih dahulu penyebab stress pada ayam. Penyebab ayam stress, antara lain:

1. Ventilasi yang tidak lancar

Jika ventilasi kurang bagus maka akan menyebabkan kandang menjadi pengap, panas dan ayam mudah stress. Ayam yang kepanasan akan banyak minum dan berkurang dalam mengkonsumsi makanan sehingga kekurangan nutrisi yang diperlukan untuk tumbuh dan berkembang.

2. Perubahan Pakan Ayam

Perubahan pola pakan secara mendadak juga akan mempengaruhi tingkat stres pada ayam karena akan tidak terbiasa makan makanan tersebut sebelumnya.

3. Suhu Kandang   

Suhu dalam kandang yang terlalu tinggi akan menyebabkan tingkat stres pada ayam meningkat. Untuk itu penanganan dengan memberikan tambahan ventilasi agar udara segar dapat masuk ke kandang.

4. Bentuk dan jumlah wadah pakan dan minum

Mungkin bagi peternak pemula belum menyadari bahwa bentuk pakan mempengaruhi tingkat stres pada ayam. Untuk itu perlu pemberian bentuk pakan yang tepat sesuai umur ayam untuk menghindari resiko ayam menjadi stres.

5. Ruangan kandang terlalu terang/ gelap

Kandang perlu diatur pencahayaannya agar tepat , tidak terlalu terang atau terlalu gelap. Jika terlalu gelap ayam akan banyak tidur sehingga kurang cepat tumbuh dan itu akan merugikan peternak karena masa panen akan lebih lama dibandingkan biasanya.

Nah, itulah beberapa faktor yang membuat ayam stress. So, jangan lupa perhatikan ke 5 hal ini ya. Semoga sukses Sob!