Blog Ternaknesia

Gambar Bantu Atasi Kekurangan Stok di Masa Pandemi, Ternaknesia ajak Warga Surabaya Donor Darah di PMI
Berita Odi
Bantu Atasi Kekurangan Stok di Masa Pandemi, Ternaknesia ajak Warga Surabaya Donor Darah di PMI

Penerapan pembatasan aktivitas dan sosial cukup berdampak pada bidang kesehatan. Saat ini, persediaan darah di Kota Surabaya di masa pandemi covid-19 mengalami penurunan. Kepala Bidang Pelayanan dan Humas PMI Kota Surabaya dr. Martono Adi Triyogo menjelaskan bahwa semua stok darah packed red cell (PRC) saat ini tersedia rata-rata 350 per-harinya. Padahal, lanjutnya, di masa normal PMI bisa mendapat 600 dalam sehari.

Pandemi covid-19 ini tak dipungkiri memberikan ketakutan bagi masyarakat, yang menyebabkan berkurangnya persediaan darah karena banyak pendonor darah yang takut untuk keluar rumah. Hal inilah yang mendasari PT Ternaknesia Farm Innovation, untuk memberikan reward kepada masyarakat yang telah bersedia mendonorkan darahnya. Yakni dengan memberikan sebotol susu. Dimana produk susu ini langsung berasal dari peternak lokal. 

“Melihat kondisi di masa pandemi ini, yang memang membutuhkan stok darah, kami ingin mengajak masyarakat khususnya warga Surabaya untuk donor darah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” ujar Okky Putri Rahayu selaku Manager Marketing Communication PT Ternaknesia Farm Innovation. 

Acara yang dilaksanakan pada 25 September 2020 ini cukup membuat warga Surabaya antusias untuk berdonor darah. Kegiatan ini bertempat di Unit Transfusi Darah PMI Kota Surabaya, Jalan Embong Ploso No.7-15. Ada sekitar 125 pendonor darah yang berhak menerima produk susu tersebut. 

PMI yang dalam pelaksanaannya selalu mengutamakan korban yang membutuhkan pertolongan segera, seperti halnya bagi masyarakat yang membutuhkan donor darah. Hal ini menjadi suatu ajakan kepada masyarakat untuk tetap bisa berdonor darah di kala pandemi. Okky juga mengatakan bahwa langkah kecil dari Ternaknesia ini semoga dapat memberi dampak yang berarti. Karena menurutnya, urusan kemanusiaan harus selalu diutamakan. "Apalagi di masa krisis seperti sekarang," pungkasnya.

 

Protokol Donor Darah Aman di Tengah Pandemi

1. Menjalani pengecekan suhu terlebih dulu

2. Mencuci tangan dengan benar dengan sabun dan air mengalir

3. Menjalani pemeriksaan kesehatan oleh dokter

4. Menjalani pengecekan kadar Hemoglobin(Hb) dan tekanan darah

5. Menerapkan physical distancing saat donor darah