Blog Ternaknesia

Gambar Metode Thawing yang Aman dan Tepat 🧊
Info Ramadhaniwulan Purirahayu
Metode Thawing yang Aman dan Tepat 🧊

Sobat sering membeli makanan beku? dan terbiasa mencairkan makanan beku dengan meletakkannya di suhu ruangan? 

Pembekuan menjadi alternatif untuk menyimpan bahan makanan dengan waktu yang lebih lama. Namun, masih banyak orang yang kurang memahami cara memproses makanan beku. Masih banyak masyarakat yang mencairkan makanan beku dengan meletakkannya di meja dapur pada suhu ruangan begitu saja. Tahukah sobat? teknik pencairan makanan seperti itu dapat memungkinkan terjadinya kerusakan jaringan pada bahan makanan atau bisa terjadi keracunan makanan. 

Pencairan bahan makanan beku seperti daging dan ikan dikenal dengan istilah thawing. Thawing ini merupakan proses mencairkan makanan yang paling mudah dan sering kita temui. Selain memudahkan kita dalam memasak, proses thawing juga penting untuk menjaga kualitas dan cita rasa suatu bahan makanan. Namun, tidak semua bahan makanan beku dapat di thawing atau dicairkan melalui proses yang sama. Jika kita melakukan proses thawing yang salah, akan muncul mikroorganisme yang dapat membuat bahan makanan membusuk, dan jika tidak dilakukan secara menyeluruh bagian dalam pada bahan makanan akan tetap beku. Berikut metode thawing yang aman dan tepat yang bisa dilakukan dirumah :

1. Thawing dari freezer ke chiller

Metode ini merupakan proses mencairkan makanan yang mudah dan membutuhkan waktu yang lama dan paling aman yakni dengan menurunkan bahan makanan dari freezer ke kulkas pendingin atau chiller.

2. Thawing dengan air mengalir

Metode thawing ini dengan menaruh bahan makanan di bawah air mengalir, bahan makanan yang cocok dengan metode ini seperti saus, sup dan daging yang sudah dipotong kecil-kecil. 

3. Thawing dengan microwave

Metode ini merupakan metode yang prosesnya paling cepat. Namun, tidak bisa mencairkan makanan dalam jumlah banyak dan tidak merata. Metode ini cocok untuk mencairkan bahan makanan RTE atau ready to eat seperti bun, croissant, sosis dan frozen meal lainnya. 

4. Thawing pada suhu ruangan

Metode ini juga sering digunakan, kita hanya perlu mengeluarkan bahan makanan dari freezer dan meletakkannya di suhu ruang, namun untuk menjaga kehigienisan makanan, pastikan untuk meletakkannya dalam keadaan terbungkus rapat. Metode ini cocok untuk makanan seperti kue basah. Dan jangan sekali-kali mencoba menggunakan metode ini untuk mencairkan bahan makanan seperti ikan, daging dan sayuran karena bakteri atau mikroorganisme rentan tumbuh selama proses pencairan ini berlangsung.

Nah, itulah penjelasan mengenai Pencairan bahan makanan beku. So, perhatikan dan treatment bahan makananmu dengan cara yang tepat, ya! Pilih cara yang sesuai agar kualitas dan cita rasa bahan makananmu tetap terjaga