Blog Ternaknesia

Gambar Ternaknesia x Agrowangi Sociopreneur, Mengubah Wajah Desa Sembulung
Berita Ternaknesia
Ternaknesia x Agrowangi Sociopreneur, Mengubah Wajah Desa Sembulung

Kemiskinan masih menjadi momok yang menakutkan di masyarakat desa. Dibandingkan dengan kota, kemiskinan di desa masih lebih banyak meskipun tingkat pengangguran di desa jauh lebih rendah. Berbagai cara dilakukan oleh kepala keluarga demi memutar keuangan rumah tangga nya dalam rangka menyambung hidup. Sayangnya kondisi ini akan berbeda jika dialami oleh keluarga pra sejahtera/dhuafa yang tinggal di pedesaan. Lemahnya ekonomi yang dimiliki membuat mereka harus bekerja serabutan menjadi buruh dari para mandor pertanian di desa. Kondisi-kondisi seperti ini juga terjadi di Desa Sembulung, Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi.

Salah satu kota yang dilalui jalur pantura ini, rupanya masih memiliki desa dengan kondisi yang cukup menyedihkan. Kesedihan-kesedihan ini lah yang membuat Ternaknesia dan Agrowangi Sociopreneur turun tangan untuk membantu dan memberdayakan warga Desa Sembulung. Agrowangi Sociopreneur merupakan usaha agribsinis di bidang pertanian dalam artian luas (pertanian pangan, peternakan dan perikanan) berbasis pemberdayaan masyarakat pedesaan. Bertempat di Jl. Kh. Wahid Hasyim RT 03, RW 01, Desa Sembulung, Agrowangi bersama Ternaknesia mengajak dan mengajarkan warga Desa Sembulung cara beternak demi mencukupi kebutuhan hidupnya. Melalui kegiatan ini, Ternaknesia percaya bahwa warga desa tetap dapat memiliki pendapatan pasif atau tabungan untuk kebutuhan mendatang. Sasaran utama pemberdayaan ini adalah keluarga pra sejahtera/dhuafa, pemuda desa, anak yatim dan pesantren.

Selain di bidang pertanian, Ternaknesia dan Agrowangi Sociopreneur juga menjalin kemitraan dan pendampingan UMKM pedesaan dalam hal jaringan pemasaran dan penerapan teknologi tepat guna. Kami memiliki cita-cita agar warga Desa Sembulung mampu memproduksi dan menjual hasil beternak dan bertani nya sendiri ke luar desa hingga kota. Kami berharap Desa Sembulung dapat menjadi bagian dari ‘desa membangun Indonesia’ sesuai dengan slogan Kemendes Indonesia. 

Usaha pemberdayaan warga Desa Sembulung terus berkembang dari tahun ke tahun. Memasuki Hari Raya Idul Adha 1441 H (2020) lalu, Ternaknesia bersama Agrowangi telah mengembangkan kemitraan dengan masyarakat kurang lebih sebanyak 21 kepala keluarga dengan populasi ternak kurang lebih sebanyak 300 ekor. Tanggapan positif dari Warga Desa Sembulung menjadi salah satu kunci keberhasilan pemberdayaan ini. Perputaran roda ekonomi warga desa kini mulai nampak perbedaannya, semenjak adanya pemberdayaan yang ada. Warga Desa Sembulung selalu belajar untuk memperbaiki kondisi ekonomi nya dan bergerak bersama. Perputaran ini tentu tak lepas dari pembeli hewan ternak mereka. Para peternak terberdayakan dan keluarga yang dihidupi mengucapkan banyak terima kasih atas segala kepercayaan yang telah diberikan kepada mereka untuk memenuhi hewan kurban anda. 

“Terima kasih untuk segala kebaikan dan kerendahan hati pihak yang terlibat dalam kurban penyaluran Ternaknesia. Kami sekelurga mengucapkan banyak terima kasih. Semoga Allah ridho, dan malaikat pun turut mengaminkan doa dan kebaikan kita. Aamiin” Peternak terberdayakan Desa Sembulung.