Blog Ternaknesia

Gambar Investasi vs Menabung
Artikel Ternaknesia
Investasi vs Menabung

Menabung dan berinvestasi adalah dua cara untuk menuju kondisi finansial yang lebih baik. Meskipun begitu, keduanya juga memiliki kekurangan dan kelebihan yang saling mengisi. Lalu, mana yang lebih baik antara menabung vs investasi? Simak ulasannya berikut.

 

Dari Segi Cairnya Uang

Ketika kamu membutuhkan uang yang cukup banyak saat kebutuhan mendesak, lalu bagaimana? Dalam kondisi seperti ini, menabung menjadi pilihan yang cukup efektif dan memiliki keunggulan. Menabung juga berarti harus menyisihkan lebih banyak uang setiap bulan. Selain itu, kamu bisa mengambil uang tabunganmu kapan pun kamu membutuhkannya. Namun, penghematan memang memiliki kelemahan. Karena inflasi, uang yang kamu simpan akan berkurang nilainya setiap tahun. Jika kamu mendapatkan bunga, bunga itu mungkin sebagian mengimbangi efek negatif dari inflasi. Tapi sayangnya, suku bunga jarang mengikuti laju inflasi.

Sedangkan investasi tidak bisa dicairkan dengan mudah, karena uangmu sudah berubah wujud menjadi berbagai jenis instrumen investasi. Akan tetapi, kemudahan dalam menarik uang saat menabung bisa menjadi boomerang  buat kamu sendiri. Jika kamu tidak terbiasa menahan diri dalam menggunakan uangmu, kamu bisa saja  menarik tabunganmu dan menggunakannya untuk hal-hal yang konsumtif. 

Dari Segi Nilai Uang

Jika kamu menyimpan uang di bank, uang itu memang nggak akan kemana-mana, jumlahnya akan tetap dan bahkan bertambah sedikit karena bunga. Perlu kamu ketahui, seiring berjalannya waktu, harga barang dan jasa akan naik perlahan-lahan karena inflasi. Namun, harga-harga yang  terus naik akan mengurangi kemampuan jumlah uang tersebut untuk membeli segala sesuatu. Kemampuan ini biasa disebut purchasing power. Meskipun bunga bank bisa menambah uang yang kamu punya, jumlah ini seringkali kalah dengan laju inflasi. Jadi, purchasing power yang kamu punya akan terus menurun. Alasan inilah, menabung seringkali tidak disarankan untuk menghimpun dana dalam waktu jangka panjang, seperti untuk tabungan pensiun. Menabung lebih disarankan untuk tujuan jangka pendek, seperti untuk dana liburan atau membeli gadget baru. Lalu, bagaimana perbandingan menabung vs investasi jika berbicara mengenai nilai uang? Saat investasi, ada peluang bagi uangmu untuk bertambah jumlahnya karena berbagai keuntungan yang didapat. Investasi dianggap lebih baik untuk tujuan jangka panjang. 

Dari Segi Resiko

Investasi memang memiliki peluang untuk membuat uangmu berlipat jumlahnya. Akan tetapi, dengan kelebihan ini, ada juga resiko uangmu malah berkurang. Eits, tapi tenang. Skenario ini tidak bisa terjadi apabila investasi yang kamu lakukan jelas mitigasi risikonya dan menguntungkan. Tentu hal ini berbeda dengan menabung, uang tabungan nggak akan pergi kemanapun selama tidak diambil. Berbagai resiko investasi bisa dihindari jika kamu belajar dan menyiapkan investasi tanpa gegabah.

Nah, itulah penjelasan mengenai menabung vs investasi. So, jangan buru-buru dalam memutuskan, ya! Timbang-timbang semuanya dengan baik.  Tapi kamu juga bisa melakukan kombinasi keduanya sesuai dengan tujuanmu menuju kondisi finansial yang lebih baik. 

 

#YukInvest di Ternakinvest