Blog Ternaknesia

Gambar 5 Khasiat Penting Yogurt bagi Kesehatan
Info Ternaknesia
5 Khasiat Penting Yogurt bagi Kesehatan

Yoghurt adalah minuman hasil dari proses fermentasi susu menggunakan bakteri. Eits, bukan bakteri sembarangan lho, bakteri yang digunakan adalah bakteri baik yaitu Streptococcus thermophilus dan Lactobacillus bulgaricus. Bakteri baik atau bisa disebut juga dengan probiotik dalam yogurt memiliki banyak manfaat untuk tubuhmu. Apa aja sih manfaatnya? Simak ulasannya berikut ini :

 

 

  • Melancarkan Pencernaan

 

Yogurt mengandung probiotik yang membantu menyingkirkan bakteri jahat penyebab infeksi pada ususmu. Sehingga bermanfaat untuk sistem pencernaanmu agar lebih lancar. 

 

 

  • Menstabilkan Tekanan Darah 

 

Dilansir dari WebMD, sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa yang mengonsumsi yoghurt sebanyak 2 hingga 3 porsi per hari atau lebih bisa mengalami penurunan tensi darah hingga 50%. Selai itu, kalium tinggi didalam yoghurt berfungsi untuk menyeimbangkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantungmu lho. Penelitian Alvaro Alonso dari Harvard School of Public Health membuktikan resiko darah tinggi dapat ditekan hingga 50% dengan mengonsumsi yoghurt setiap harinya. 

 

 

  • Menyehatkan Tulang 

 

Yoghurt mengandung kalsium yang cukup tinggi untuk memelihara kesehatan tulang. Selain itu, vitamin D yang terkandung didalamnya juga membantu tubuh menyerap kalsium. Sehingga memiliki kepadatan dan kekuatan tulang yang sangat bermanfaat untuk mencegah osteoporosis. 

 

 

  • Melindungi Dari Penyakit Jantung

 

Yogurt diperkaya oleh asupan vitamin B kompleks, magnesium, kalium, fosfor, zat besi, selenium, dan zink. Kandungan vitamin B12 pada yoghurt juga bermanfaat untuk membantu sistem saraf Anda berfungsi dengan baik dan melindungi dari penyakit jantung.

 

 

  • Memperkuat sistem imun

 

Deretan mineral dan gizi di dalam yoghurt membantu meningkatkan produksi sel darah putih. Salah satu sel darah putih yang ada dalam tubuh dan bertanggung jawab untuk melawan penyakit. Setidaknya dengan mengonsumsi sekitar 400 gram yoghurt tiap hari, kamu sudah memperkuat sistem kekebalan tubuhmu dan melawan infeksi dan bakteri.