Home

Cara Bijak Mengelola Gaji

Tri Lestari  02 Apr 2018 17:53
dilihat 884 kali


HABIS LONG WEEKEND TERUS GAJIAN ...
LONGgarin waktumu sejenak untuk baca #Ternaknesiatips

Habis gajian dibuat liburan.
*Jangan sampai
Gajian habis dibuat liburan.

Gajian tiba, hati pun lega 😆😆 Yakin?
Saat gajian tiba, Apa sih yang sobat lakukan pertama kali?
Dari survey yang dilakukan team #investips pada Sobatternak, hasilnya 35% sobat mengalokasikan sebagian uang gajinya untuk bayar cicilan dan sebagian besar sobat yaitu 65%nya mau ditabung. Lalu bagaimana sih cara mengelola gaji yang baik? Setelah kami #tanyagoogle dengan keywords "Cara bijak mengelola gaji" terdapat 194.000 artikel. Wow! Banyak kan Sob..
Males baca satu per satu? Yuk simak kesimpulan dari kami:

Pertama ‌Buat budget allocation untuk sebulan kedepan.
Hal ini penting buat sobat lakukan, agar bisa mengontrol pengeluaran Yang selama setahun. Pilah pengeluaran sobat untuk hal primer (seperti budget makan sebulan, biaya sewa tempat tinggal dan tagihan lainnya), sekunder (seperti biaya untuk liburan dan lainnya, karena setiap orang berhak bahagia maka bahagiakan hati sobat masing-masing sisihkan sebagian gaji sobat untuk hal itu. Dengan hati yang bahagia maka bekerja pun jadi bahagia.), Dan yang terakhir sisihkan sebagian gaji sobat untuk dipergunakan sebagai cadangan kas saat membutuhkan.

Kedua ‌Jangan lupa ditabung.
Ingat fungsi Y=C+S yang artinya pendapatan= konsumsi + saving atau tabungan. Nah, artinya setelah mengalokasikan gaji untuk konsumsi selama sebulan jangan lupa untuk ditabung. Tips agar tabungan gak cepet habis, gunakan akun bank khusus untuk menabung tanpa ATM. Untuk bank, sobat bisa memilih layanan yang tanpa biaya administrasi per bulan (sobat bisa memilih Di beberapa bank shariah, karena tidak memungut biaya administrasi).

Ketiga ‌Lunasi tagihan.
Yups, sobat harus utamakan bayar cicilan dulu. Karena hal tersebut menjadi tanggung jawab sobat untuk melunasinya.

Keempat ‌Investasi.
Yups 6 dari 10 artikel di Google menyarankan untuk berinvestasi. Karena dibanding sekedar ditabung, dengan Investasi sobat bisa memiliki keuntungan yang lebih. Tapi sobat harus pandai untuk pilah pilih mana produk Investasi yang cocok untuk sobat.

Jangan Lupa ‌Sisihkan sebagian gaji untuk keluarga dan sedekah.
Sesungguhnya di dalam rezeki seseorang, terdapat hak orang lain. Dan sedekah yang utama untuk keluarga terlebih dahulu. So, jangan lupakan orangtua dan keluarga sobat. Meski sedikit, itu sangat berarti bagi mereka. Karena bukan berapa besar yang sobat berikan, tapi berapa besar kesediaan sobat untuk berbagi.

Sekian laporan Tim #investips
MARI BIJAK MENGELOLA GAJI