Home

Bisakah satu ekor kambing diniatkan kurban untuk satu keluarga?

Ternaknesia  25 Jun 2019 16:43
dilihat 44 kali


Apakah satu ekor kambing bisa untuk kurban satu keluarga?
Seringkali kita temui hewan ternak diniatkan sebagai kurban untuk satu orang. Hal ini tidaklah salah, begitu pula dengan hewan ternak yang diniatkan sebagai kurban atas nama satu keluarga. Satu ekor kambing atau 1/7 dari urunan satu ekor sapi dapat diniatkan untuk satu keluarga. Namun akan lebih afdhol jika berkurban lebih dikarenakan jumlah anggota keluarga yang banyak.

Dalil yang mendukung pernyataan tersebut, dari ‘Atho’ bin Yasar, ia berkata,
سَأَلْتُ أَبَا أَيُّوبَ الأَنْصَارِيَّ كَيْفَ كَانَتْ الضَّحَايَا عَلَى عَهْدِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ؟ فَقَالَ : كَانَ الرَّجُلُ يُضَحِّي بِالشَّاةِ عَنْهُ وَعَنْ أَهْلِ بَيْتِهِ ، فَيَأْكُلُونَ وَيُطْعِمُونَ

“Aku pernah bertanya pada Ayyub Al Anshori, bagaimana qurban di masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam?” Beliau menjawab, “Seseorang biasa berqurban dengan seekor kambing (diniatkan) untuk dirinya dan satu keluarganya. Lalu mereka memakan qurban tersebut dan memberikan makan untuk yang lainnya.” (HR. Tirmidzi no. 1505, shahih)

Al Hafizh Ibnul Qoyyim dalam Zaadul Ma’ad berkata, “Di antara petunjuk Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, satu kambing sah untuk kurban satu orang beserta keluarganya walau jumlah mereka banyak.”

Syaikh Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin dalam Syarhul Mumthi’ berkata, “Kolektif dalam pahala kurban tidaklah terbatas. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah berqurban untuk seluruh umatnya. Ada juga seseorang (di masa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam) yang berqurban dengan satu kambing untuk dirinya beserta keluarganya walau jumlahnya 100.” [1]

Sedangkan yang dimaksud dengan “...kambing hanya boleh untuk satu orang, sapi untuk tujuh orang, dan unta 10 orang…” adalah biaya pengadaannya. Biaya pengadaan satu ekor kambing hanya boleh dari satu orang, biaya pengadaan satu ekor sapi hanya boleh dari maksimal tujuh orang dan biaya pengadaan satu ekor unta hanya boleh dari maksimal 10 orang. Allahu a’lam [2].


Referensi :
[1] Muhammad Abduh Tuasikal, Satu Kambing Bisa untuk Qurban Satu Keluarga (https://rumaysho.com/2829-satu-kambing-bisa-untuk-qurban-satu-keluarga.html)
[2] Ammi Nur Baits, Kurban Satu Ekor Kambing untuk Sekeluarga (https://konsultasisyariah.com/8043-kurban-satu-ekor-kambing-untuk-sekeluarga.html)