Home

Apakah Anda Salah Satunya?

Admin  08 Mar 2018 17:19
dilihat 423 kali


Tahukah Anda bahwa Indonesia adalah negara dengan jumlah penabung terbanyak di Dunia? Lembaga riset Nielsen melaporkan bahwa 71% penduduk Indonesia menyisihkan sebagian pendapatannya untuk ditabung. Lebih banyak dari Filipina (70%), Thailand (63%), dan Jepang (61%). (sumber merdeka.com) Padahal, nilai uang bisa saja tergerus oleh adanya inflasi yang meningkat setiap tahunnya. Artinya, menabung tidak membuat anda menjadi kaya! Lalu apa solusinya?

Robert T. Kiyosaki, dalam bukunya Rich Dad, Poor Dad menyatakan dua pandangan mengenai uang dan pilihan hidup. Poor Dad atau ayah miskin mengajarkan untuk bersekolah, mendapat nilai bagus, dan mencari pekerjaan yang aman dan menjamin masa depan. Sedangkan Rich Dad atau ayah kaya mengajarkan untuk bersekolah, lulus, membangun usaha, dan menjadi penanam modal yang berhasil, serta membiarkan uang bekerja untuk kita.

Ayah yang Kaya mengajarkan kita untuk Ber-INVESTASI

Investasi berdasar bentuknya dibedakan menjadi dua jenis, yaitu Investasi pada sektor Riil (nyata aktivitas dan fisiknya) dan Investasi pada sektor Keuangan (saham,reksadana, dan obligasi). Menurut A. Junaedy, Dirut PT BNI Life Insurance, investasi di Sektor Riil lebih menguntungkan daripada berinvestasi melalui aset keuangan. Selain itu, Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla mengajak masyarakat untuk Berinvestasi di Sektor Riil sebagai salah satu sumber penggerak Pertumbuhan Ekonomi Indonesia.

Jadi, termasuk tipe yang manakah Anda? Rich Dad? Poor Dad?